SiPenCapil

Sistem Perbaikan Mutu Pendidikan Berkelanjutan PS SIL

SiPenCapil (Sistem Pengukuran Capaian Pembelajaran Prodi Teknik Sipil dan Lingkungan) adalah sistem penunjang program perbaikan mutu pendidikan berkelanjutan PS SIL. Sistem ini mencakup desain asesmen capaian pembelajaran, pengumpulan data dan analisis hasil pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut, serta monitoring efektivitas perbaikan yang dilaksanakan, baik pada level mata kuliah (CPMK), program studi (CPL), maupun profesional (PPM).

Metode asesmen dilakukan secara langsung dan tidak langsung sebagai berikut:

1. Asesmen Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

a. Asesmen Langsung; dilakukan pada semester berjalan oleh dosen melalui ujian, penugasan, atau metode lainnya sesuai RPS
b. Asesmen Tidak Langsung; dilakukan melalui pengisian kuisioner tentang persepsi mahasiswa terhadap pencapaian CPMK

2. Asesmen Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

a. Asesmen Langsung; dilakukan dengan menilai agregat dari beberapa CPMK penyusun deskriptor. Deskriptor adalah uraian yang menjelaskan kemampuan spesifik yang diinginkan oleh CPL
b. Asesmen Tidak langsung; dimaksudkan untuk mengukur persepsi lulusan terhadap pencapaian CPL yang dilakukan menjelang kelulusan (exit survey)

3. Evaluasi relevansi CPL dan Profil Profesional Mandiri (PPM)

Evaluasi juga dilakukan untuk memperoleh umpan balik bagi perbaikan pendidikan dan relevansi CPL dan PPM, meliputi tracer study dan survei alumni, survei pengguna lulusan, dan pemangku kepentingan lainnya.

Link SiPenCapil dapat diklik disini