• Gedung Fateta IPB, Dramaga, Bogor

  • 0251-8627225

  • sil@apps.ipb.ac.id

Post Details


Tim Army IPB University berhasil memperoleh penghargaan di kompetisi BIMWIKA Awards 2021

25 Mar sil_ipb 0 Uncategorized

Mahasiswa IPB University kembali mengukir prestasi, kali ini dalam ajang bergengsi BIMWIKA Awards 2021. Kabar membanggakan itu disiarkan langsung melalui akun Youtube resmi BIMWIKA pada hari Jumat (26/02/2021).

IPB University melalui Tim Army berhasil memperoleh penghargaan di kompetisi BIMWIKA Awards 2021. Tim Army yang diketuai oleh Muhammad Hilmi bersama Arief Budiman dan Ridwan Noor Annafi sebagai anggota merupakan mahasiswa jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB Angkatan 54. Penghargaan yang diraih yaitu sebagai Juara 1 pada kategori Building Analysis dan Juara Favorit pada keseluruhan kategori.

BIMWIKA Awards adalah ajang kompetisi tingkat nasional untuk mahasiswa dan pelajar SMK di bidang BIM (Building Information Modelling) yang diselenggarakan oleh departemen BIM dan Riset PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. Melalui kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan percepatan implementasi BIM dan mengembangkan potensi engineers muda prestatif dari kalangan akademisi di seluruh Indonesia. BIMWIKA Awards 2021 merupakan kompetisi gelaran ke-2 yang telah berhasil dilaksanakan oleh PT. Wijaya Karya. Terdapat 6 kategori yang dilombakan dalam ajang BIMWIKA Awards 2021, yaitu Building Modelling, Building Analysis, Road Modelling, Bridge Modelling, dan Survey Fotogrametri, serta 1 kategori untuk pelajar SMK yaitu Smart Building Conceptual Design. Pada tahun ini peserta dari BIMWIKA Awards 2021 berjumlah 156 Tim yang berasal dari 71 institusi pendidikan dari 18 provinsi di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa kategori yang diikutsertakan oleh Tim Army yaitu Building Analysis. Di mana mereka mengerjakan analisis gedung 9 lantai dengan tinggi total gedung 35,7 meter yang berlokasi di Sleman, D.I. Yogyakarta. Dalam pengerjaannya, Tim Army dengan dosen pembimbing Dr. Eng. Heriansyah Putra, S.Pd., M.Eng. menganalisis beban gempa dengan menggunakan metode analisis Respons Spectrum dan Time History. Muhammad Hilmi menuturkan bahwa dalam keikutsertaannya dalam kompetisi ini memiliki beberapa permasalahan, seperti kurangnya waktu pengerjaan dikarenakan bersamaan dengan waktu kuliah, serta komunikasi yang dilakukan terbatas hanya melalui online, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan kerja sama tim yang baik. Tim Army juga memperoleh penghargaan sebagai Juara Favorit berdasarkan voting serta like pada media sosial BIMWIKA.

“Lomba ini merupakan yang pertama bagi kami bertiga sebagai tim. Dengan bantuan dari banyak pihak, terutama dosen pembimbing kami, Pak Heri, dan teman-teman yang mensupport kami, akhirnya kami bisa terus berjuang hingga tahap ini.” ujar Hilmi.

Muhammad Hilmi selaku ketua tim menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh partisipan yang telah membantu pencapaian penghargaan tersebut. Selain itu, dia juga menekankan agar ke depannya banyak mahasiswa lain terutama mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan, IPB University untuk dapat terus mengembangkan potensinya melalui kompetisi yang kompetitif dan sportif terutama di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan. Dengan mengikuti kompetisi yang relevan dengan jurusan, tentu akan memperoleh banyak ilmu serta pengalaman baru yang nantinya dapat diimplementasikan di dunia kerja.

Leave a comment