Post Details


Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Sistem lnformasl Bakuan Kompetensi

13 Oct erizal basa 0 Uncategorized

Rabu (11/10) lalu Kadep SIL Dr. Ir. Erizal, M.Agr. IPM. mewakili Dekan Fateta-IPB mengikuti FGD yang diadakan oleh Dlrektorat Jenderal Bina Konstruksi Direktorat Kompetensi Dan Produktivitas Konstruksi PUPR di hotel Horizon Bekasi. FGD yg diikuti dengan topik: Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Sistem lnformasl Bakuan Kompetensi. Ada 2 aplikasi yg sedang dikembangkan oleh Direktorat Kompetensi Dan Produktivitas Konstruksi PUPR:

  1. SISTEM INFORMASI KOMPETENSI (SIMKOM) yang berisi Pendataan Tenaga Kerja Konstruksi dengan tujuan tersedianya data TKK, SKKNI, dan Modul serta platform pelaksanaan assessment online dalam 1 (satu) aplikasi.
  2. PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BAKUAN KOMPETENSI yang merupakan Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi (SIBIMA) sebagai salah satu contoh implementasi e-learning yang diperkenalkan Kementerian PUPR sebagai bentuk layanan publik pelatihan jarak jauh (distance learning) bidang konstruksi dan manajemen pengetahuan (knowledge management) bidang konstruksi yang disediakan bagi masyarakat jasa konstruksi.

FGD diikuti selain dari staf Direktorat Kompetensi Dan Produktivitas Konstruksi PUPR, juga para akademisi dari Universitas Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Trisakti, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gunadarma, dan Tanri Abeng University. Dalam FGD dijelaskan dan dibahas permasalahan dan rencana pengembangannya ke depan. -ERZ_