Post Details


Summer Course SIL 2022 “Sustainable Infrastructure and Built Environment”

29 Sep erizal basa 0 Uncategorized

Summer Course SIL 2022 bertema “Sustainable Infrastructure and Built Environment” merupakan kegiatan summer course internasional ketiga yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fateta IPB University.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 – 17 September 2022 secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Terdapat beberapa kegiatan yang dijalani oleh peserta, yaitu mengikuti kuliah (course), mengerjakan kuis setiap topik kuliah, diskusi kelompok (FGD) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tema Summer Course dan merencanakan melakukan grup performance, serta mengerjakan pretest dan posttest. Melalui kegiatan ini, peserta dapat mengidentifikasi permasalahan keberlanjutan infrastruktur dan lingkungan terbangun; menganalisis dan mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah bidang Teknik sipil dan lingkungan; menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, berkomunikasi secara efektif dan menjalin jejaring; dan menggunakan prinsip profesionalisme dalam bekerja mandiri maupun dalam tim. Peserta mendapatkan sertifikat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan mendapat 2 SKS berikut dengan nilai yang diperoleh.

Peserta Summer Course SIL 2022 berjumlah 48 orang dengan rincian 7 peserta afiliasi luar negeri, 12 peserta dari dalam negeri non-IPB, dan 29 peserta dari IPB. Asal institusi mahasiswa dari luar IPB adalah IHE Delft Institute, Tokyo University of Agriculture and Tecknology, Niigata University, University Malaysia Terengganu, Ehime University, Universitas Padjajaran, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Islam Lamongan, Universitas Jember, Universitas Jambi, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Indonesia.

Jumlah dosen yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini berjumlah 12 orang dengan rincian 7 dosen dengan afiliasi luar negeri dan 5 dosen afiliasi IPB. Asal institusi dosen dari luar IPB adalah Batangas State University (Philippines), Tokyo University of Agriculture and Technology (Japan), Universiti Malaysia Terengganu (Malaysia), Penta Ocean (Japan), dan University of Leeds (United Kingdom). -ERZ-