Program Sinergi

Keberadaan mahasiswa memegang peran yang sangat vital terhadap keberlangsungan program studi. Melalui upaya peningkatan input, proses, dan output pembelajaran, kualitas mahasiswa diharapkan meningkat. Melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi, pelayanan terbaik untuk mahasiswa dapat diberikan sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berintegritas dan didukung kemampuan hardskill dan soft-skill memadai.

Kinerja mutu input dilakukan pada saat penerimaan mahasiswa baru. Penerimaan mahasiswa mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB melalui jalur umum dan jalur sinergi (fast track) S1. Melalui jalur umum, mahasiswa akan diseleksi berdasarkan perolehan indeks prestasi kumulatif S1, kesesuaian latar belakang bidang keilmuwan, dan kemampuan untuk beradaptasi. Selain itu, seleksi calon mahasiswa untuk program sinergi (fast track) juga dilakukan berdasarkan peroleh indeks prestasi kumulatif S1 terakhir pada saat pencapaian minimum 120 SKS, rencana keselarasan penelitian S1 dan S2, persetujuan dari pembimbing S1, dan kemampuan beradaptasi.

Pendaftaran Program Sinergi S1-S2  

Pendaftaran Program Sinergi S1-S2 (fast track) dengan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengikuti program ini adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa S1 dengan IPK >= 3.25 dan telah menyelesaikan minimum 110 SKS pada semester 6
  2. Mahasiswa dengan kematangan individu berdasarkan penilaian Ketua Departemen
  3. Mahasiswa yang mendaftar di Program Studi S2 yang sama/sejenis dengan Program Studi S1
  4. Mahasiswa yang memiliki rencana studi paripurna untuk menyelesaikan S1-S2, termasuk rencana riset S2 yang selaras dengan skripsi S1
  5. Mengisi formulir pendaftaran disertai dengan foto diri (formulir ini dapat dibuat sendiri atau diperoleh pada departemen masing-masing).

Tahap kedua Program Sinergi Akselerasi Magister IPB hanya bisa dilakukan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studi S1nya tepat waktu. Bagi mahasiswa ini diwajibkan untuk melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa reguler S2 IPB. Artinya bahwa yang bersangkutan telah menyelesaikan S1nya dan telah mendapatkan SKL dapat melakukan pendaftaran secara online dengan melengkapi syarat-syarat pendaftaran sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir PMB SPs IPB (download di sini ).
  2. Melampirkan Surat Keterangan Lulus (SKL).
  3. Melampirkan transkrip sementara dari program studi dengan isi Mata Kuliah yang diambil pada tahun pertama. Transkip ini bersifat sementara dan hanya berlaku di IPB, apabila mahasiswa tidak ingin melanjutkan ke program S2 maka yang bersangkutan akan diberikan sertifikat yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Administrasi Akademik.
  4. Melampirkan bukti lunas pembayaran BPMK/SPP tahun pertama dari Direktorat Keuangan IPB.
  5. Melampirkan bukti pembayaran pendaftaran PMB SPs IPB sebesar Rp. 500.00,00 ke Rekening Bank Mandiri cq. Rektor IPB Biaya Pendidikan S2 S3 dengan no. Rekening 1330000072009.

Informasi calon mahasiswa melalui Program Sinergi dan pendaftaran secara offline mahasiswa dapat dikirimkan ke Divisi Pengembangan dan Pelaporan SPs IPB Lt. 5, Telp 0251-8624706.