Program Sarjana

A.   Profil

Buku Panduan Sarjana Departemen SIL tahun 2022 dapat diunduh di sini

Buku Panduan Pedoman Praktik Langan PL dapat diunduh di sini

Program Studi S1 Teknik Sipil dan Lingkungan (PS SIL) memperoleh akreditasi pertama pada tahun 2011 berdasarkan keputusan BAN-PT No.047/SK/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XII/2011. Menjelang berakhirnya masa berlaku akreditasi, PS S1 SIL menyusun kembali dokumen untuk pengajuan akreditasi. Pada tanggal 1 Desember 2016 PS S1 SIL berhasil memperoleh akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT No. 2956/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016. Akreditasi ini berlaku sampai 1 Desember 2021. Alhamdulillah, berdasarkan KEPUTUSAN BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI NOMOR : 12880/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XII/2021 Menetapkan Peringkat Akreditasi A untuk Program Studi Teknik Sipil dan Lingkungan pada Program Sarjana Institut Pertanian Bogor, Kabupaten Bogor,  yang berlaku sampai 2 Desember 2026.

Berdasarkan SK Rektor IPB Nomor 077/IT3/DT/2012, Departemen SIL berhak meluluskan mahasiswa dengan menggunakan gelar Sarjana Teknik (ST) yang merupakan gelar Sarjana Teknik pertama di IPB. Mayor Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) memberikan pondasi yang kuat kepada lulusannya untuk bekerja di berbagai bidang profesi Teknik Sipil dan Lingkungan, yaitu di bidang struktur, infrastruktur, teknik sumber daya air, teknik lingkungan dan teknik geomatika.

PS S1 SIL melakukan pengembangan dan peninjauan kurikulum secara periodik dan mandiri dengan melibatkan semua pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal dengan mempertimbangkan visi dan misi departemen dan program studi, umpan balik, serta perkembangan ilmu dan teknologi, terutama di bidang teknik sipil dan lingkungan. Peninjauan ini telah dilakukan melalui kegiatan lokakarya kurikulum pada tahun 2012, 2015 dan 2017. Pada tahun 2012, PS S1 SIL melakukan lokakarya pendidikan dalam rangka pengembangan kurikulum berbasis Outcomes Based Education (OBE) mengacu pada kurikulum inti Teknik Sipil dari Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI) dan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Penyelenggara Teknik Lingkungan Indonesia (Bakerma TL). Kurikulum berbasis OBE baru diterapkan pada mahasiswa PS SIL yang masuk ke IPB tahun ajaran 2014/2015 sesuai SK Rektor No. 326/IT3/DT/2014. Finalisasi kurikulum berbasis OBE ini dilakukan kembali pada tahun 2015 khususnya dalam penyiapan kelengkapan dokumen mata kuliah (MK) dan total SKS minimum sebagai syarat untuk dapat lulus dari Program Studi SIL adalah 145 SKS. Pada tahun 2017 dilakukan kembali lokakarya pendidikan sehubungan dengan dikeluarkannya SK Rektor IPB No 3/IT3/PN/2017 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) bagi Mahasiswa Program Sarjana dan Profesi Institut Pertanian Bogor. Berdasarkan SK Rektor IPB tahun 2017 tersebut maka mahasiswa program S1 IPB wajib untuk melaksanakan Program KKN-T. Sehubungan dengan itu maka terjadi perubahan kurikulum dan SKS MK pada PS SIL, yaitu MK Praktik Lapangan yang sebelumnya 3 SKS diubah menjadi 2 SKS dan penambahan MK KKN-Tematik dengan 3 SKS. Dengan demikian total SKS minimum untuk dapat lulus dari PS SIL adalah 147 SKS. Perubahan kurikulum ini mulai diberlakukan untuk mahasiswa baru PS SIL yang masuk ke IPB pada tahun ajaran 2015/2016.

PS S1 SIL saat ini memiliki 320 mahasiswa yaitu 93 mahasiswa di tingkat pertama pada Program Peningkatan Kompetensi Umum (PPKU), 80 mahasiswa di tingkat 2 (semester 4) , 76 mahasiswa di tingkat 3 (semester 6) dan 71 mahasiswa di tingkat 4 (semester 8). PS S1 SIL  sampai Januari 2019 sudah meluluskan 7 angkatan atau sebanyak 447 lulusan, sejak pertama kali meluluskan mahasiswa pada tahun 2012, termasuk 55 lulusan dari angkatan pertama yang menggunakan kurikulum berbasis OBE (angkatan 2014/2015).  Dari 55 lulusan tersebut (79% dari angkatan 2014/2015) sebanyak 25 orang lulus pada bulan Juli dan Agustus 2018 (semester genap 2017/2018)  dan 30 orang lulus pada bulan September 2018 – Januari 2019 (semester ganjil 2018/2019). Hasil pelacakan lulusan (tracer study) yang telah dilakukan melalui beberapa cara seperti pengembangan database alumni, penyebaran kuesioner untuk alumni dan pengguna melalui berbagai media, dan pengembangan website alumni Departemen SIL,  menunjukkan bahwa hampir 80% alumni PS S1 SIL bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya. Profil Program S1 SIL IPB.

B.   Visi dan Misi

VISI

“ Menjadi program studi yang unggul dengan kualitas lulusan yang kompeten dan berdaya saing khususnya di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan ”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi program sarjana yang berkualitas, yang secara efektif dan efisien mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing
  2. Meningkatkan secara terus menerus mutu penyelenggaraan pendidikan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan
  3. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri untuk menunjang kegiatan pendidikan

C.   Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan di bidang teknik sipil dan lingkungan yang kompeten dan memiliki daya saing yang kuat dalam pasar kerja global.
  2. Mengembangkan penelitian-penelitian inovatif, dasar, terapan, dan strategis untuk mendukung proses belajar-mengajar serta pengembangan ilmu dan teknologi yang sejalan dengan kebutuhan dan tantangan di masyarakat.
  3. Mengimplementasikan penemuan-penemuan di bidang teknik sipil dan lingkungan dalam menjawab masalah masyarakat dan untuk memperkaya proses pendidikan.

D.   Rumusan Profil Lulusan (Profil Profesional Mandiri/PPM)

Adapun profil lulusan Program Studi Teknik Sipil dan Lingkungan IPB adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kemampuan dalam bidang keteknikan untuk kegiatan identifikasi, perancangan, pelaksanaan/pembangunan dan pemeliharaan struktur dan infrastruktur, sumberdaya air, polusi dan sanitasi lingkungan, serta memiliki dasar yang kuat untuk menempuh pendidikan lanjut
  • Memiliki kemampuan dan dasar yang kuat dalam menggunakan perangkat teknologi terkini dalam menginterpretasikan data dan informasi untuk bekerja di berbagai bidang profesi teknik sipil dan lingkungan
  • Memiliki kemampuan manajerial, berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok untuk meningkatkan kompetensi di bidang teknik struktur, infrastruktur, sumberdaya air, lingkungan, dan geomatika sesuai standar yang berlaku dengan menjunjung etika profesi.

E.   Capaian Pembelajaran ( Learning Outcome )

  1. Menguasai pengetahuan dasar matematik, sains, teknik dan proses serta K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) untuk bidang teknik sipil dan lingkungan.
  2. Mampu mengidentifikasi dan memformulasikan permasalahan struktur dan infrastruktur, sumberdaya air, serta polusi dan sanitasi lingkungan.
  3. Menguasai pengetahuan teknik konstruksi untuk bidang teknik sipil dan lingkungan.
  4. Mampu merancang, melaksanakan dan mengoperasikan serta memelihara bangunan teknik sipil yang berwawasan lingkungan.
  5. Mampu menggunakan teknik (technique), keterampilan dan perangkat yang terkini untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipildan lingkungan.
  6. Mampu menganalisis dan menginterpretasikan data dan informasi serta mengambil keputusan yang tepat untuk menyelesaikan masalah bidang teknik sipil dan lingkungan.
  7. Mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi datam bidangteknik sipil dan lingkungan.
  8. Mampu menjadi pemimpin dan mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok
  9. Mampu berkomunikasi secara efektif dan menjalin jejaring.
  10. Menggunakan prinsip profesionalisme datam bekerja.
  11. Mempunyai tanggung jawab agama, sosial, budaya dan lingkungan.

F.   Konsep Rancangan Kurikulum Program Studi

Program Studi  S1 Teknik Sipil dan Lingkungan melakukan pengembangan dan peninjauan kurikulum secara periodik dan mandiri dengan melibatkan semua pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal dengan mempertimbangkan visi dan misi departemen dan program studi, umpan balik, serta perkembangan ilmu dan teknologi, terutama di bidang teknik sipil dan lingkungan. Pada tahun 2012, PS S1 SIL melakukan lokakarya pendidikan dalam rangka perancangan kurikulum berbasis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau outcomes based education (OBE). Penyusunan rancangan ini dilakukan dengan mengevaluasi masalah-masalah yang terkait dengan implementasi kurikulum secara umum, pengembangannya pada masa yang akan datang serta penaatan (compliance) terhadap peraturan terbaru seperti Peraturan Presiden (Perpres) No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Selanjutnya, profil profesional mandiri disusun sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang diharapkan. Rancangan capaian pembelajaran lulusan ini selanjutnya menjadi dasar pengembangan kurikulum dengan mengacu pada kurikulum inti Teknik Sipil dari Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI) dan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Penyelenggara Teknik Lingkungan Indonesia (Bakerma TL). Pemantapan kurikulum berbasis CPL ini dilakukan kembali pada tahun 2015 dan 2017 dan mulai diterapkan kepada mahasiswa yang masuk pada tahun 2014 ke IPB sesuai SK Rektor No. 326/IT3/DT/2014.