Program Magister

Profil

Program Studi Magister Teknik Sipil dan Lingkungan (PS S2 SIL) Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA), Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki visi untuk “Menjadi institusi pendidikan tinggi terkemuka di bidang teknik sipil dan lingkungan yang diakui secara internasional dengan kompetensi inti pada rekayasa sesuai dengan kaidah-kaidah ekologis dan kelestarian lingkungan”. Sebagai salah satu program studi di Departemen SIL, visi tersebut mempunyai keterkaitan visi keilmuan khususnya untuk penyelenggaraan pendidikan strata 2. Visi tersebut dijabarkan lebih lanjut menjadi misi, tujuan dan sasaran program studi. PS S2 SIL menetapkan lima sasaran utama program studi yang merupakan hasil penjabaran strategi pengembangan program studi berdasarkan hasil analisis SWOT.

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB) didirikan berdasarkan SK Rektor IPB No.001/I3/OT/2008 tanggal 21 Januari 2008 untuk Mayor Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL). Berdasarkan SK Rektor IPB Nomor 077/IT3/DT/2012 dan SK Rektor IPB Nomor 212/IT3/PP/2020, Departemen SIL dapat meluluskan mahasiswa dengan menggunakan gelar Sarjana Teknik (S.T.) dan Magister Teknik (M.T.) yang merupakan gelar Sarjana Teknik dan Magister Teknik pertama di IPB. Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) memberikan pondasi yang kuat kepada lulusannya untuk bekerja di berbagai bidang profesi teknik sipil dan lingkungan, yaitu di bidang struktur dan infrastruktur, teknik sumber daya air, teknik lingkungan dan teknik geomatika. Departemen SIL memiliki dua program studi, yaitu Program Studi Sarjana (S1) Teknik Sipil dan Lingkungan dan Program Studi Magister  Teknik Sipil dan Lingkungan (PS S2 SIL). Departemen SIL didukung oleh 22 orang dosen (berpendidikan S3: 14 dosen dan S2: 8 dosen) dengan berbagai spesialisasi di bidang teknik sipil dan lingkungan. Dosen terdistribusi ke dalam empat divisi, yaitu Teknik Struktur dan Infrastruktur, Teknik Lingkungan, Teknik Sumberdaya Air dan Teknik Geomatika. Untuk Program Studi Magister Teknik Sipil dan Lingkungan, hanya 14 orang dosen berpendidikan S3 yang dapat diperkenankan menjalankan aktivitas program pembelajaran kepada mahasiswa.

Akreditasi Program Studi Magister Teknik Sipil dan Lingkungan mendapatkan Peringkat Baik Sekali dari LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI PROGRAM STUDI KETEKNIKAN BADAN TETAP AKREDITASI PENDIDIKAN KETEKNIKAN PERSATUAN INSINYUR INDONESIA (LAM Teknik) dengan dikeluarkannya SK LAM Teknik NOMOR: 0009/SK/LAM Teknik/AM/IV/2022 tertanggal 4 April 2022. Peringkat Baik Sekali ini akan berlaku sejak dikeluarkan sampai dengan 20 Agustus 2027. 

Sistem tatapamong, kepemimpinan serta sistem pengelolaan dan penjaminan mutu di PS S2 SIL dilaksanakan dengan baik, yang diuraikan di bagian yang meliputi personil beserta fungsi dan tugas pokoknya, sistem kepemimpinan, pengalihan (deputizing) dan pendelegasian tugas secara berjenjang serta akuntabilitas pelaksanaan tugas dalam implementasi operasional program studi sesuai dengan visi, misi, sasaran dan tujuan program. Secara operasional dalam penjaminan mutu, sistem seleksi serta pengembangan program pasca sarjana, telah tersedia mekanisme serta kebijakan dalam sistem penjaminan mutu oleh IPB sebagai dasar dari program studi untuk melakukan evaluasi internal dan perencanaan ke depan.

Pelaksanaan operasional program studi, Ketua Program Studi bersama Sekretaris PS dibantu oleh tenaga kependidikan, bersama dan terintegrasi dalam pengelolaan departemen melaksanakan kegiatan di program studi yang sesuai dengan misi dan tujuannya. PS S2 SIL didukung oleh 14 orang dosen dengan berbagai spesialisasi di bidang teknik sipil dan lingkungan. Dosen terdistribusi ke dalam empat divisi, yaitu Teknik Struktur dan Infrastruktur, Teknik Lingkungan, Teknik Sumberdaya Air dan Teknik Geomatika. Komposisi dosen adalah sebagai berikut: 3 orang guru besar dan 11 orang bergelar doktor.

Untuk mencapai tingkat efisiensi dan efektivitas pengelolaan program studi, evaluasi program dan pelacakan lulusan serta perencanaan dan pengembangan program dilakukan dengan memanfaatkan hasil evaluasi internal dan eksternal serta kerjasama dan kemitraan. Selain itu, disajikan juga dampak hasil evaluasi program terhadap pengalaman dan mutu pembelajaran mahasiswa, pengelolaan mutu secara internal pada tingkat program studi serta hubungan dengan penjaminan mutu pada tingkat lembaga dan dampak proses penjaminan mutu terhadap pengalaman dan mutu hasil belajar mahasiswa. Kemudian, metodologi baku mutu (benchmarking), pengembangan dan penilaian pranata kelembagaan dan evaluasi internal yang berkelanjutan. Setelah itu pemanfaatan hasil evaluasi internal dan eksternal/akreditasi dalam perbaikan dan pengembangan program. Bagian akhir mengenai tatapamong, kepemimpinan serta sistem pengelolaan dan penjaminan mutu adalah uraian singkat tentang kerjasama dan kemitraan instansi terkait dalam pengendalian mutu.

Visi dan Misi

Visi

Visi Departemen SIL, adalah “menjadi institusi pendidikan tinggi terkemuka di bidang teknik sipil dan lingkungan yang diakui secara internasional dengan kompetensi inti pada rekayasa sesuai dengan kaidah-kaidah ekologis dan kelestarian lingkungan”. Dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.

Misi

Departemen SIL memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu, efisien dan efektif dengan menerapkan sistem pengelolaan yang modern dan profesional;
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dasar, terapan dan strategis;
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan berkontribusi dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan;
  4. Menjalin jejaring dengan berbagai institusi, baik institusi di dalam negeri maupun institusi di luar negeri;
  5. Membangun karakter kewirausahaan mahasiswa melalui kegiatan tridharma.

Tujuan

Berdasarkan misi di atas, tujuan dari Departemen SIL adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang teknik sipil dan lingkungan, mempunyai kemampuan komunikasi yang efektif, memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi serta berlandaskan pada kode etik profesional.
  2. Mengembangkan inovasi-inovasi IPTEKS ramah lingkungan melalui penelitian dasar, terapan maupun strategis untuk memecahkan permasalahan di masyarakat dalam bidang teknik sipil dan lingkungan.
  3. Memberikan kontribusi nyata dalam bidang teknik sipil dan lingkungan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Profil Lulusan

  1. Memiliki kemampuan yang didukung oleh kompetensi untuk merencanakan, dan mengambil keputusan dalam mengembangkan ipteks untuk menghasilkan karya inovatif melalui riset di bidang teknik sipil dan lingkungan, serta memiliki dasar yang kuat untuk menempuh pendidikan lanjut.
  2. Memiliki kemampuan dan dasar yang kuat dalam menggunakan perangkat teknologi terkini dalam menginterpretasikan data dan informasi untuk bekerja di berbagai bidang profesi teknik sipil dan lingkungan.
  3. Memiliki integritas, kemampuan manajerial, berkomunikasi dan bekerjasama secara inter maupun multidisiplin, untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan ipteks sesuai standar yang berlaku dengan menjunjung etika profesi.

Capaian Pembelajaran

  1. Memiliki kemampuan dalam menerapkan sains dan matematika untuk merencanakan dan mengambil keputusan dalam pengembangan ipteks bidang teknik sipil dan lingkungan serta memiliki dasar yang kuat untuk menempuh pendidikan lanjut.
  2. Memiliki kemampuan dalam menghasilkan karya inovatif melalui riset bidang teknik sipil dan lingkungan.
  3. Memiliki kemampuan menggunakan metode dan perangkat teknologi komunikasi dan informasi (ICT) dalam menghasilkan karya inovatif
  4. Memiliki kemampuan dalam merancang dan melaksanakan eksperimen dan prosedur uji, serta menganalisis dan menginterpretasikan data dan informasi serta mengambil kesimpulan yang tepat.
  5. Memiliki kemampuan manajerial, berkomunikasi dan bekerjasama secara interdisiplin maupun multidisiplin untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan ipteks sesuai standar yang berlaku.
  6. Memiliki integritas serta patuh dan taat pada etika profesi.

Tahapan dan syarat pendaftaran calon mahasiswa secara online di Sekolah Pascasarjana IPB dapat meng-klik link ini.

Silahkan unduh leaflet Program Magister SIL dengan klik disini